Pencegahan kegemukan dan obesitas pada anak sekolah

Standard

Pencegahan kegemukan dan obesitas pada anak sekolah merupakan suatu upaya komprehensif yang melibatkan stakeholder yang ada di wilayah. Pencegahan dilakukan melalui pendekatan kepada anak sekolah beserta orang-orang terdekatnya (orang tua, guru, teman, dll) untuk mempromosikan gaya hidup sehat meliputi pola dan perilaku makan serta aktivitas fisik. Strategi pendekatan dilakukan pada semua anak
sekolah baik yang berisiko menjadi kegemukan dan obesitas maupun
tidak.
Usaha pencegahan dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan fasilitas pelayanan kesehatan. Lingkungan sekolah merupakan tempat yang baik untuk pendidikan kesehatan yang dapat memberikan pengetahuan, keterampilan serta dukungan sosial dari
warga sekolah. Pengetahuan, keterampilan serta dukungan sosial ini memberikan perubahan perilaku makan sehat yang dapat diterapkan dalam jangka waktu lama. Tujuan pencegahan ini adalah terjadinya perubahan pola dan perilaku makan meliputi meningkatkan kebiasaan konsumsi buah dan sayur, mengurangi konsumsi makanan dan
minuman manis, mengurangi konsumsi makanan tinggi energi dan lemak, mengurangi konsumsi junk food, serta peningkatan aktivitas fisik dan mengurangi sedentary life style.

Pola Hidup Sehat untuk cegah kegemukan :
– Konsumsi buah dan sayur ≥ 5 porsi per hari
– Membatasi menonton TV, bermain komputer, game/playstation < 2 jam/hari
– Tidak menyediakan TV di kamar anak
– Mengurangi makanan dan minuman manis
– Mengurangi makanan berlemak dan gorengan
– Kurangi makan diluar
– Biasakan makan pagi dan membawa makanan bekal ke sekolah
– Biasakan makan bersama keluarga minimal 1 x sehari
– Makanlah makanan sesuai dengan waktunya
– Tingkatkan aktivitas fisik minimal 1 jam/hari
– Melibatkan keluarga untuk perbaikan gaya hidup untuk pencegahan gizi lebih
– Target penurunan BB yang sehat

 

Advertisements